Aktivitas Literasi Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Berbeda dengan subtema 1–3, aktivitas disini diarahkan untuk mengasah daya akal dan berpikir tingkat tinggi. Rancangan kegiatan merupakan acara-kegiatan besar yang membuka kesempatan bertanya dan menggali gosip yang erat dengan keseharian siswa.

Guru sebaiknya membaca seluruh pembelajaran terlebih dahulu serta Perhatikan kebutuhan alat dan bahan dimana kegiatan pada minggu ke-4 dari Subtema 4 ini adalah Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi.

Bacaan Lainnya

Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) ialah sebuah model pembelajaran yang menggunakan proyek (kegiatan) sebagai inti pembelajaran. Dalam kegiatan ini, siswa melaksanakan eksplorasi, evaluasi, interpretasi, dan sintesis berita untuk memperoleh berbagai hasil berguru (pengetahuan, keterampilan, dan sikap).

Sedangkan literasi adalah kemampuan individu di dalam mengolah serta memahami gosip pada saat menulis ataupun membaca. Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya adalah orang yang berguru,

namun National Institut for Literacy sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan literasi yaitu kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.

Pada tema 8 subtema 1 Manusia dan Lingkungan Pembelajaran 1, siswa diarahkan untuk melaksanakan wawancara kepada warga sekolah: kepala sekolah, guru, siswa, dan penjaga sekolah. Siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai berita-isu berikut.

  1. Kegiatan ekononomi dalam keluarga (contohnya: dalam perdagangan, pertanian, industri, peternakan, atau jasa).
  2. Kegiatan sehari-hari yang memakai air, baik untuk keperluan rumahtangga maupun aktivitas ekonomi.
  3. Perkiraan banyak air yang dipakai untuk setiap aktivitas.
  4. Sumber air yang digunakan (sumur, PDAM, atau sumber lain).

Hasil wawancara dicatat dalam tabel berikut.
Nama : _____________________
Kegiatan ekonomi dalam keluarga:

Kegiatan yang Menggunakan Air Perkiraan Banyak Air yang
Digunakan (dalam liter)
Sumber Air
Pertanian 4.000 Sungai
Peternakan 1.000 Sumur
Perikanan 5.0000 Sungai
Perkebunan 2.500 Sumgai
Industri 3.000 PDAM

Dari data yang didapat, siswa menganalisis data tersebut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Kegiatan apa saja yang membutuhkan banyak air? Perikanan
  2. Mengapa aktivitas itu memerlukan banyak air? Air merupakan daerah hidup ikan, tanpa air ikan tidak mampu hidup.
  3. Apa fungsi air dalam acara itu? Air berfungsi sebagai tempat hidup ikan.
  4. Apa fungsi dari kegiatan itu? Dengan aktivitas perikanan maka kebutuhan gizi terutama protein akan dapat terpenuhi.

Mempertanyakan dan Menganalisis

Dari tabel hasil wawancara, siswa mengidentifikasi kegiatan yang terbanyak menggunakan air. Siswa mampu menuliskan dalam tabel berikut atau menyajikannya dalam bentuk diagram.

No. Kegiatan yang Membutuhkan Air Banyaknya Air (l)
1. Pertanian 4.000
2. Peternakan 1.000
3. Perikanan 5.0000
4. Perkebunan 2.500
5 Industri 3.000

Diagram :

 kegiatan disini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi Kegiatan Literasi Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 1

Dari analisis acara ini, siswa memperoleh gagasan ihwal apa yang perlu dikaji lebih jauh. Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa menindaklanjuti dengan mengumpulkan gosip yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan aneka macam macam cara, antara lain.

1. Membaca buku-buku tumpuan dari perpustakaan.
2. Berdiskusi.
3. Bertanya kepada guru.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait