Anak Paud Aceh Tampilkan Tarian Jawa

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia dicapai melalui usaha para pendekar bangsa. Cinta tanah air berarti cinta pada negeri daerah kita memperoleh penghidupan dan mengalami kehidupan semenjak lahir hingga akhir hayat. Seseorang yang cinta kepada tanah aimya senantiasa berusaha biar negerinya tetap kondusif, sentosa, dan sejahtera.

Cinta tanah air dan bangsa yaitu suatu perilaku yang ketulusan dan keikhlasan yang diwujudkan dalarn perbuatan untuk kejayaan tanah air dan kebahagiaan bangsanya. Sebagai watga negara Indonesia kita wajib mempunyaa rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa. Salah satu cara menerangkan perilaku cinta tanah air mampu dilakukan dengan mempelajari kesenian daerah lain seperti pada teks di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air

Yayasan Sukma Bangsa Bireuen di Aceh menggelar lomba seni tari kreasi nusantara. Lomba ini diikuti oleh sembilan grup tari dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Bireuen, Aceh. Anak-anak dari PAUD tampil lucu dengan seragam unik. Penampilan mereka benar-benar menyedot perhatian ratusan pengunjung.

Kebanyakan peserta lomba menampilkan Tari kawasan Aceh. Di antara peserta ada yang menampilkan Tari Ranup Lam Puan, Bungong Jeumpa, dan Tarek Pukat. Namun, ada pula beberapa penerima menampilkan seni tari dari provinsi lain di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah PAUD Tun Sri Lanang.

Anak-anak dari PAUD Tun Sri Lanang menyuguhkan tari Cublak- Cublak Suweng dari Jawa. Tujuh anak laki-laki menyajikan tarian. Mereka mengenakan kostum yang sederhana. Namun, gaya kocak bawah umur dalam menampilkan tarian berhasil memukau para penonton.

Kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia dicapai melalui perjuangan para pahlawan bangsa Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa

“Kita ingin menampilkan menu yang berbeda. Kita juga ingin memperlihatkan kebinekaan tari di Indonesia,” kata Ibu Surya Murni, pendidik pada PAUD Tun Sri Lanang.

Menurut Ibu Surya Murni, anak usia PAUD seharusnya diperkenalkan dengan keragaman suku bangsa semoga bisa melestarikannya kelak. “Tanpa mengesampingkan kearifan lokal, sewajarnya belum dewasa ditanamkan rasa cinta tanah air dengan aneka ragam suku dan budaya yang ada di Indonesia,” tambah Ibu Surya Murni.

Lomba seni tari kreasi bawah umur PAUD merupakan pendekatan dasar supaya anak cinta budaya bangsanya. Semoga ke depan banyak pihak yang menyelenggarakan acara lomba tari semoga mendukung upaya mewarisi budaya-budaya Nusantara. Acara lomba tari sekaligus sebagai ajang kreativitas anak usia dini agar tampil percaya diri di hadapan banyak orang. (Sumber: https://edukasi.kompas.com)

Jawablah pertanyaan berikut dengan berdiskusi bersama kelompokmu.

  1. Peristiwa apa yang terdapat pada teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”? Peristiwa yang terdapat pada teks antara lain digelarnya lomba seni tari kreasi nusantara di Aceh, akseptor lombamenampilkan berbagai tarian kawasan Aceh, ada peserta lomba menarikan tarian tempat Jawa, dan penampilan bawah umur menarik perhatian pengunjung.
  2. Mengapa ada anak Aceh yang menampilkan tarian Jawa? Ada anak Aceh yang menarikan tarian Jawa karena ingin menampilkan sajian yang berbeda dan memperlihatkan kebinekaan tari di Indonesia.
  3. Sikap apa yang dapat ditiru dari teks “Anak PAUD Aceh Tampilkan Tarian Jawa untuk Menunjukkan Cinta Tanah Air”? Sikap yang dapat ditiru antara lain kreatif, berani tampil dengan percaya diri, menghargai kebudayaan daerah lain, dan cinta tanah air.
  4. Tarian apa yang pernah kau peragakan? Tari Jaranan
  5. Apakah kau berminat mencar ilmu tari daerah lain? Mengapa? Saya berminat mempelajari tari kawasan lain untuk lebih mengenal aneka macam tarian dan untuk menandakan rasa cinta tanah air dan bangsa.
  6. Ceritakan pengalaman menarik ketika kamu atau temanmu menarikan tarian tempat lain. Ketika kita mnarikan tarian daerah lain ternyata kita dapat mengetahui banyak sekali macam seni yang berasal dari tempat lain.

Cinta tanah air berasal dari hati nurani seseorang terhadap bangsanya. Yang berusaha mengabdi pada tanah airnya dengan cara menjaga, memelihara, membela tanah air. Rasa cinta tanah air juga merupakan rasa besar hati seorang terhadap bangsanya di mana tempat dia lahir dan dibesarkan yang tercermin dalam perilakunya yang berani ikut serta membela tanah air.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait