Cara mudah membuat martabak telur

  • Whatsapp
11 / 100

Cara mudah membuat martabak telur – Martabak adalah cemilan yang sangat disukai oleh banyak orang. Menurut ensiklopedis Makanan Jalanan Bruce Kraig Di Seluruh Dunia , Martabak sebenarnya dapat ditelusuri asal-usulnya ke Timur Tengah. Dalam bahasa Arab, mutabbaq berarti “dilipat”, mengacu pada cara adonan yang lembut dan lentur dilipat mengelilingi isian saat dimasak.

Hidangan seperti ini ditemukan di seluruh Timur Tengah dan Asia Tenggara. Ada juga yang menyebutkan bahwa martabak ini adaah makanan berasal dari India. Karena komunitas India yang banyak di Indonesia, kini santapan ini menjadi camilan yang digemari. Ini adalah makanan favorit di malam hari, bukan jenis hidangan yang akan disiapkan di rumah, tetapi dibeli sebagai makanan ringan dari warung makan yang dapat Anda temukan dengan mudah di sepanjang jalan di Indonesia.

 

Namun, ternyata membuat martabak dirumah sendiri pun ternyata mudah loh! kalian penasaran dengan membuat martabak dirumah sendiri langsung saja yuk, pada artikel kali ini kami akan membagikan resep masakan telur yaitu cara membuat martabak asin dirumah dengan cara yang sangat mudah!

Bahan yang digunakan untuk membuat martabak

  • 250 g daging sapi cincang
  • 4 siung bawang putih, kupas dan iris
  • 1 bawang bombay ukuran sedang, kupas dan iris
  • 1 batang daun bawang kecil, dibelah dua memanjang dan diiris
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 3 telur
  • 2 sendok makan daun seledri cincang (opsional)
  • 1 sendok makan bubuk kari
  • garam dan merica putih secukupnya

cara membuat adonan martabak:

  • 2 cangkir tepung terigu
  • 3 sendok makan minyak
  • 3/4 gelas air
  • sejumput garam

langkah-langkah membuat martabak:

1. Siapkan adonan terlebih dahulu dengan menyisir semua bahan dan menguleni menjadi adonan elastis yang berminyak. Tutup dan biarkan pada suhu kamar selama 2 jam. Bagilah menjadi empat dan gulung setiap bagian menjadi bola. Tarik keluar dengan tangan yang sedikit diminyaki di atas permukaan yang diminyaki atau marmer untuk membuat lingkaran tipis yang besar.

2. Saat adonan diistirahatkan, buatlah isian. Panaskan minyak dan tumis bawang putih dan bawang bombay selama beberapa detik. Tambahkan daging hingga daging berubah warna. Tambahkan daun bawang dan seledri dan lanjutkan menumis selama 2 atau 3 menit. Kemudian tambahkan bubuk kari, aduk rata dan masak selama 3 menit. Menyisihkan.

3. Untuk membuat martabak , ambil mangkok, masukkan isian, telur daun bawang, garam dan merica, aduk rata. Panaskan wajan, isi bagian tengah setiap lingkaran adonan dengan campuran, lipat sisi-sisinya dan ujungnya hingga benar-benar menutupi gaya amplop pengisian. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan di satu sisi, balik dan goreng sisi lainnya.

4. Setelah matang, potong-potong dan sajikan dengan acar sayuran dan irisan cabai.
Petunjuk berguna: Untuk meminimalkan waktu memasak, Anda dapat menggunakan spring roll sheet / wrapper atau phylo pastry sheet siap pakai sebagai pengganti adonan. Untuk spring roll, ukurannya harus lebih lebar dari yang biasanya digunakan untuk membuat spring roll.

Itulah resep dan jug acara pembuatan martabak sendiri dirumah, sangat mudah bukan? jadi kalian tidak perlu membelinya lagi diluar, dengan membuat sendiri kaian bisa memilih bahan yang berkualitas baik dan pastinya rasanyapun bisa kaian sesuaikan dengan lidah kalian. tunggu apalagi? Buat sendiri martabak dirumah, dan jadikan cemilan saat kalian sedang mengobrol santai dengan keluarga kalian dimalam hari!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *