Ciri Ciri Ketampakan Alam Wilayah Daratan Dan Perairan.

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia mempunyai bentang alam yang berbeda-beda di setiap kawasan. Ada kawasan dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di tempat pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yakni ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan.

Kenampakan alam di daratan, antara lain dataran rendah, dataran tinggi, gunung, dan pegunungan. Kenampakan alam di perairan, antara lain pantai, sungai, danau, dan selat.

Bacaan Lainnya

Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam Ciri Ciri Ketampakan Alam Wilayah Daratan dan Perairan.

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas empat anak. Carilah isu mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ketampakan alam wilayah perairan beserta ciri-cirinya. Saat kelompokmu mencari info melalui internet, mintalah pemberian orang bau tanah atau orang cukup umur di sekitarmu. Diskusikan hasil berita yang kalian peroleh. Kemudian tuliskan dalam kolom berikut.

No. Ketampakan Alam Wilayah Daratan Ciri-ciri No. Ketampakan Alam Wilayah perairan Ciri-ciri
1. Dataran rendah Memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan bahari 1. Rawa Biasanya banyak terdapat tumbuhan air mirip eceng gondok.
2. Dataran tinggi Terletak pada ketinggian 300-600 meter di atas permukaan bahari. 2. Danau Terbentuk dan berasal dari letusan gunung berapi, atau gerakan tanah
3. Gunung Memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan bahari 3. Sungai Bagian hulu berukuran kecil  dan bagian hilir lebih besar
4. Pegunungan Mencapai ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan maritim 4. Teluk Dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya dan menjorok ke daratan
5. Tanjung Tanahnya menjorok ke laut. 5. Selat Lautnya sempit &berada di antara dua pulau.

Ayo Membaca

Adaptasi Masyarakat Terhadap Ketampakan Alam Sekitar

Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah aneka macam bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bab pokok, ialah ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.

Daratan adalah kawasan kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bab dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan maritim.

Manusia melakukan pembiasaan berbeda-beda antara satu dengan yanglain. Manusia hidup menyesuaikan diri sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan daerah tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, masakan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang
dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua acara itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil penyesuaian masyarakat suatu tempat. Makanan dan barang-barang atau bendabenda khas dari tempat pegunungan berbeda dengan tempat pantai dan dataran rendah.

Dari bacaan di atas mampu disimpulkan bahwa benda-benda atau barangbarang di setiap kawasan berbeda. Tidak hanya itu, air di bahari juga akan berbeda dengan air di pegunungan. Dapatkah kamu membedakan air bahari dengan air pegunungan? Tuliskan pada kolom berikut

No. Air Laut Air Pegunungan
1. Rasanya asin Rasanya tawar
2. Air berasal dari pegunungan Air berasal dari mata air
3. Berada di bahari/lautan Berada di tempat pegunungan
4. Bisa eksklusif diminum Tidak bisa pribadi diminum
5. Bisa menghilangkan haus Jika diminum malah semakin haus

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait