Imbas Aktivitas Ekonomi Terhadap Kesejahteraan Masyarakat

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari acara ekonomi. Apa sajakah aktivitas ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomi meliputi aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga aktivitas ekonomi ini saling berkaitan satu sama lain. Satu kegiatan ekonomi terhambat, akan mengganggu acara ekonomi lainnya.

1. Produksi

Petani menanam padi di sawah, kemudian memberi pupuk, dan menyiangi rumput yang tumbuh di sela-sela flora padi. Setelah bulir-bulir padi mulai bernas, petani mengusir burung-burung yang berusaha makan bulir-bulir padi itu. Saat padi menguning, itulah saatnya petani memanen. Hasil panen lalu dijual.

Bacaan Lainnya

Dari gambaran tersebut, si petani telah melaksanakan aktivitas produksi. Kaprikornus, produksi yakni kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau membuat benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Orang yang melaksanakan aktivitas produksi disebut produsen. Berikan acuan acara produksi yang terdapat di sekitar daerah tinggalmu.

Kegiatan produksi kuat terhadap kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi adalah barang atau jasa yang dapat menunjukkan manfaat atau keuntungan. Sumber daya ekonomi mampu berasal dari sumber daya alam atau sumber daya manusia.

Sumber daya ekonomi dapat diolah menjadi modal dasar pembangunan. Bagi pemilik sumber daya ekonomi, adanya proses produksi memungkinkannya memperoleh balas jasa. Balas jasa ini berupa sewa, bunga modal, atau gaji. Dengan balas jasa ini, pemilik sumber daya ekonomi mampu memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi produsen, adanya proses produksi menimbulkan produsen memperoleh laba. Selanjutnya, laba tersebut digunakan untuk menjaga kelangsungan usaha dan memenuhi kebutuhan hidup. Ini dilakukan dalam upaya mencapai kemakmuran hidup.

 Apa sajakah kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat

2. Distribusi

Bahan kuliner dan pakaian  diproduksi di kawasan tertentu. Untuk mendatangkan bahan masakan dan pakaian diharapkan aktivitas penyaluran. Kegiatan inilah yang disebut distribusi. Kaprikornus, distribusi yakni acara menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen. Orang yang melaksanakan acara ini disebut biro.

Kelancaran distribusi barang membutuhkan sarana transportasi dan jalan yang memadai. Tujuannya supaya hasil produksi mampu segera sampai kepada konsumen dengan cepat dan sempurna sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.

3. Konsumsi

Saat istirahat ada sobat yang jajan di kantin, ada pula yang makan bekal dari rumah. Jajan di kantin dan makan bekal termasuk aktivitas konsumsi. Konsumsi yaitu acara manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan.

Orang yang melaksanakan aktivitas konsumsi disebut konsumen. Untuk mengonsumsi barang atau jasa, masyarakat mengeluarkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan mampu berupa uang atau waktu.

Dari uraian di atas kau mengetahui acara ekonomi dan dampaknya bagi masyarakat. Kegiatan ekonomi dapat berdampak aktual terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ayo Mencoba

Berdasarkan teks “Pengaruh Kegiatan Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat” buatlah peta pikiran yang memuat berita-informasi penting dari teks tersebut

  1. Apa yang dimaksud produksi? Produksi yakni kegiatan menghasilkan barang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.
  2. Apa manfaat aktivitas produksi? Kegiatan produksi akan meningkatkan kesejahteraan pemilik sumber daya ekonomi dan produsen. Sumber daya ekonomi dapat berupa sumber daya alam atau sumber daya manusia.
  3. Apa yang dimaksud distribusi? Distribusi yaitu kegiatan menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen.
  4. Apa manfaat acara distribusi? Kegiatan distribusi menyebabkan hasil produksi dapat segera hingga kepada konsumen dengan cepat dan sempurna sehingga kebutuhan konsumen segera terpenuhi.
  5. Apa yang dimaksud konsumsi? Konsumsi diartikan kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  6. Apa manfaat kegiatan konsumsi? Bagi konsumen, konsumsi bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bagi produsen dan agen, aktivitas konsumsi akan menghasilkan pendapatan.

Ayo Mengamati

Bersama kelompokmu, amatilah banyak sekali acara produksi dan distribusi di lingkungan sekitarmu. Identifikasilah orang-orang yang diuntungkan dari setiap usaha tersebut. Tulislah hasil pengamatan kalian dalam tabel berikut.

No. Kegiatan Jenis Orang yang Diuntungkan Keuntungan yang
Diperoleh
1. Pabrik kerupuk Produksi Masyarakat yang suka makan kerupuk Makan lebih lahap
2. Menjual pasir Distribusi Masyarakat yang sedang membangun rumah Pembangunan rumah lancar
3. Makan jajanan Konsumsi Siswa yang membeli jajanan Perut menjadi kenyang
4. Pabrik Panci Produksi Ibu rumah tangga Memasak air dapat memat lebih banyak air
5. Menjual Alat Tulis Didtribusi Siswa dan siswai di sekolah Kebutuhan alat tulis mampu terpenuhi

Ayo Berdiskusi

Keragaman jenis perjuangan ekonomi menimbulkan keragaman sosial dalam masyarakat. Apa keuntungan dari kondisi ini? Diskusikan bersama temanteman kelompokmu. Tulislah alhasil dalam tabel berikut.

Keragaman sosial akibat berbagai jenis usaha menyebabkan keuntungan, adalah:

  1. Tersedianya semua kebutuhan manusia baik barang maupun jasa
  2. Meningkatnya kesejahteraan warga masyarakat.
  3. Semakin eratnya rasa persatuan dan kesatuan warga.
  4. Tumbuhnya sikap saling menghargai sesama warga.
  5. Tumbuhnya  rasa kebersamaan dalam mendukung keragaman.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait