Informasi Dari Iklan Media Cetak Atau Elektronika

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Iklan yaitu suatu cara yang dipakai untuk memperlihatkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Iklan mempunyai beberapa fungsi. Salah satunya yaitu iklan dapat membantu masyarakat untuk memilih barang atau jasa yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Iklan dapat menunjukkan gosip yang lebih banyak kepada masyarakat.

Bacaan Lainnya

Unsur Unsur Iklan

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan biar orang tertarik untuk membeli dan memakai barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Iklan memiliki unsur-unsur berikut.

  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar iklan di bawah ini. Apakah iklan tersebut memenuhi unsur-unsurnya? Ungkapkan pendapatmu pada kolom berikut.

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang at Informasi dari Iklan Media Cetak atau Elektronik

Unsur-unsur yang terdapat pada iklan tersebut sebagai berikut.

1. Nama produk.
2. Gambar produk.
3. Kalimat iklan.
4. Keunggulan produk.
Iklan pada gambar tidak memenuhi semua unsur-unsur iklan.

Berdasarkan isinya iklan mampu dibedakan menjadi iklan pengumuman, pernrangan, reklame. dan iklan baris

  1. Iklan pengumuman adalah iklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu kejadian, aktivitas, atau yang lainnya. Contohnya yaitu iklan penerimaan siswa gres, informasi sedih, dan lain sebagainya.
  2. Iklan penerangan adalah iklan yang isinya menunjukkan penerangan/klarifikasi wacana suatu hal. Contohnya ialah iklan keluarga berencana, lingkungan hidup, dan lain-lain.
  3. Iklan reklame yaitu iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang akan dijual. Iklan reklame bersifat mencari laba. Biasanya iklan reklame selalu memuji atau menyanjung sesuatu yang ditawarkan. Misalnya dengan kalimat tiada banding, satu-satunya, tiada duanya, dan lain-lain.
  4. Iklan baris yaitu iklan berbentuk beberapa baris dalam kolom yang sangat terbatas sehingga penulisanya memakai singkatan-singkatan demi menghemat daerah dan biaya.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan menurut gambar !

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang at Informasi dari Iklan Media Cetak atau Elektronik

Gambar di atas merupakan iklan media cetak yang memberikan produk mesin cuci dengan merk “Resik”. Iklan tersebut berisi penjelasan ihwal produk dan kelebihan mesin cuci tersebut. Penjelasan tersebut mencakup kapasitas, acara, dan materi tabung dalam mesin cuci. Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli mesin basuh bermerk “Resik”.

Setelah mengamati gambar dan pemaparannya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

  1. Apakah yang dimaksud dengan iklan?  Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak umum biar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
  2. Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program, apa arti dari dua kata tersebut? Kapasitas berarti daya tampung dan Program berarti cara kerja
  3. Adakah kata aneh bagi kamu dalam tulisan iklan di atas? Coba tuliskan kata yang kamu anggap aneh. kapasitas, bed cover. acara. tabung. dan stainless steel.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait