Interaksi Antar Individu Dalam Masyarakat

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Manusia dalam hidup bermasyarakat, akan saling berafiliasi dan saling membutuhkan satu sama lain. Kebutuhan itulah yang dapat menjadikan suatu proses interaksi sosial.

Setiap anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban yang harus dilakukannya agar hubungan antar anggota masyarakat berjalan harmonis. Sikap saling menghormati dan tenggang rasa sangat dibutuhkan pada ketika berinteraksi dengan anggota masyarakat yang sangat beragam.

Bacaan Lainnya

Interaksi sosial yaitu suatu relasi antar sesama manusia yang saling menghipnotis satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun atar individu dan kelompok. Suatu masyarakat terdiri atas komunitas-komunitas yang berbeda-beda.

Pada suatu masyarakat, terdapat komunitas-komunitas agama, komunitas budpekerti, komunitas suku dan lainnya. Komunitas-komunitas ini hidup berdampingan satu sama lain. Tanpa rasa saling menghormati dan empati, interaksi antar komunitas di dalam masyarakat akan gampang terganggu.

Setiap individu yang ada di dalam sebuah masyarakat, hendaknya tetap menyebarkan rasa saling menghormati. Demikian juga dengan perilaku tenggang rasa dan saling membantu antar individu dari komunitas yang lain yang berbeda. Keberagaman seringkali menimbulkan perselisihan. Tetapi kalau setiap individu berbagi sikap toleransi dan saling mencintai, keberagaman justru akan membuat individu menjadi lebih baik.

Agama ialah suatu iman , dalam lingkup sosial agar terjadi keharmonisan rukun tetangga juga cinta dalam maka kita harus bergaul, tentu dalam hal ini kita bergaul dengan siapa saja tanpa harus memandang latar belakang dan agama.

Agar terjadi sebuah keharmonisan dan saling mencintai antar pemeluk agama maka ada beberapa cara yang baik untuk dilaksanakan jika kita bergaul dengan sahabat yang berbeda agama di antaranya sebagai berikut:

  • Jangan pernah membawa nama akidah yang kita anut, hal ini bertujuan semoga tidak terjadi perdebatan yang akan memudarkan rasa persahabatan. Persahabatan harus tetap terjalin walaupun berbeda kepercayaan.
  • Sebaiknya jangan membicarakan perihal hukum aturan agama masing masing alasannya adalah agama yakni suatu iman dan hak asasi manusia oleh kesannya untuk menjaga persahabatan lebih baik berbicara selain duduk perkara iktikad. Semua agama baik bagi penganutnya.
  • Jangan membicarakan kejelekan teman yang berlainan agama hal ini semoga tidak terjadinya sara atau hal hal yang menyebabkan perpecahan antar pemeluk agama.
  • Menerima dan menghargai akan sebuah perbedaan alasannya bekerjsama perbedaan itu ialah indah sepeti bunga yang berwarna warni menghiasi taman taman di muka bumi ini.
  • Saling memberi perhatian dan menciptakan rasa cinta hening semoga pertemanan menjadi semakin berpengaruh dan dunia di isi dengan ketentraman hidup yang baka.
Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain Interaksi Antar Individu dalam Masyarakat

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai suku bangsa yang tersebar di pelosok Nusantara.  Setiap suku memiliki budaya mereka sendiri yang mungkin saja berbeda dengan budaya suku kita. Meskipun demikian, sebagai warga negara Indonesia kita harus menghargai keragaman itu.

Keunikan di tiap suku merupakan kekayaan budaya bangsa. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dikala kita bergaul dengan teman yang berbeda suku, antara lain sebagai berikut.

  • Jangan pernah mengejek atau menghina suku lain. Mungkin saja budaya suku bangsa yang lain berbeda dengan kita, terkadang kita sendiri merasa ajaib, sebagai contoh suku Sunda yang biasanya kesulitan untuk mengucapkan abjad “f” dan bermetamorfosis karakter “p”. Kita harus menghargainya sebagai kekayaan dialek bahasa kawasan yang ada di Indonesia.
  • Menerima dan menghargai perbedaan antar suku yang ada alasannya adalah bahwasanya perbedaan itu menciptakan bangsa kita lebih kaya. Dengan perbedaan tersebut dapat terjalin persatuan dan kesatuan.
  • Jangan hanya mau berteman dengan suku yang sama saja. Bergaulah dengan siapa saja yang bertujuan baik, tidak pandang suku apa ia berasal. Semakin bermacam-macam sahabat yang kita miliki semakin banyak pengetahuan yang mampu kita pelajari dari mereka.
  • Jangan pernah menganggap suku sendiri yang paling baik dan suku lain yang lebih jelek. Hal ini untuk menghindari perselisihan. Masing-masing suku memiliki kelebihan dan kekurangan, dan tidak ada yang paling tepat. Baik menurut penilaian kita belum tentu baik berdasarkan penilaian suku yang lain.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait