Istilah Dan Arti Dalam Motif Ukir

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Seni ukir atau ukiran merupakan gambar hiasan dengan bab-bab cekung dan bab-bagian cembung yang menyusun suatu gambar yang indah. Dalam seni ukir terdapat beberapa motif ukir. Motif ukir nusantara memiliki banyak jenis sesuai dengan asal wilayahnya.

Motif hias klasik yang berkembang pada masa kerajaan-kerajaan Islam banyak dipengaruhi oleh motif-motif hias klasik abad kerajaan Hindu-Buddha. Beberapa motif ukir yang mensugesti motif ukir pada periode Kerajaan Islam antara lain motif padjajaran, motif majapahit, motif bali, dan motif mataram.

Bacaan Lainnya

Seni ukir klasik berkembang di istana atau keraton sehingga dikenal dengan nama seni ukir Pajajaran, seni ukir Majapahit, seni ukir Bali, seni ukir Pekalongan, seni ukir Madura, seni ukir Mataram, seni ukir Cirebon, dan seni ukir Surakarta.

Biasanya pada bagian-bagian di istana atau keraton, akan ditemui ukiran. Misalnya, di dinding, kayu penyangga rumah, furniture, dan sebagainya. Ternyata seni ukir klasik ini juga ditiru oleh masyarakat pengrajin untuk menampilkannya dalam banyak sekali model.

Sehingga seni ukur klasik pada balasannya tidak hanya berkembang di keraton namun berkembang pula di masyarakat. Ketika seni ukir klasik ini diaplikasikan pada perabotan sehari-hari, maka penyebarannya pun semakin meluas. Namun sekalipun antar kawasan terjadi saling imbas menghipnotis, masing-masing daerah tetap mempunyai ciri khas sendiri-sendiri.

Motif Hias di Indonesia sangat beragam, macam-macam motif hias ini sering kita temukan pada karya seni kriya yang di ciptakan di wilayah nusantara, baik penggunaan motif hias yang sudah terpengaruh dengan gaya modern, ataupun seni kriya yang masih mempertahankan gaya motif hias usang atau klasik. Berikut ini adalah motif klasik tradisional yang berkembang pada zaman islam di Jawa yang telah yang mencapai puncak kejayaan pada zaman kerajaan-kerajaan besar di Jawa dan sekitarnya.

Motif Padjajaran

Motif Padjajaran berbentuk ukel seperti daun pakis dan bentuknya serba lingkaran. Bentuk ukel seperti tanda baca koma, dengan angkup yang juga berbentuk bulat. Adapun ujung ukel berbentuk miring

Motif Majapahit

Motif Majapahit berbentuk bulatan dan krawingan (cekungan) dan terdiri dari ujung ukel dan daun-daun waru dan pakis. Dalam ragam ini, patran (daun) diwujudkan dalam bentuk krawing (cekung). Bentuk pokok motif Majapahit seperti tanda tanya.

Seni ukir atau ukiran merupakan gambar hiasan dengan bagian Istilah dan Arti dalam Motif Ukir

Motif Bali

Motif Bali hampir sama dengan Motif Padjajaran. Bedanya terletak pada ujung ukel yang dihiasi dengan sehelai patran. Kaprikornus ukel besar kecil, bundar cekung, serpihan, ada pula daun yang runcing. Motif Bali ini dinamakan patre punggel.

Motif Mataram

Motif Mataram bila ditinjau dari gambar ukir, berasal dari pakaian wayang purwa. Bentuknya mirip dengan bentuk cawen-cawenan pakaian wayang.

Istilah Arti
Ukel Bentuk melingkar seperti pucuk daun pakis yang masih muda pada motif ukir
Angkup Angkup merupakan bentuk dari unsur motif gesekan yang bentuknya selalu menelungkup. Bentuk ini selalu berada pada punggung dari daun pokok.
Krawingan Krawingan ialah bentuk cekungan pada motif ukir tradisional
Patran Patran, merupakan pengembangan bentuk dari objek dasar dedaunan. Bentuk dasar goresan ini menyerupai segitiga dengan pengembangan stilasi daun yang disesuaikan pada motif-motif goresan tertentu.
Pecahan Pecahan merupakan nama dan bentuk pada bagian motif tabrakan, baik yang berupa suatu pahatan berbentuk garis maupun bentuk pahatan yang menyobek tepi pahatan batas ukiran.
Patre Punggel Patre Punggel merupakan salah satu motif gesekan bali yang ide dasarnya diambil dari cuilan tumbuh – tanaman menjalar, terutamanya ujung daun paku yang masih muda.
Cawen Cawen yakni hiasan berupa guratan-guratan berdasarkan bentuk yang dicawi (diarsir)

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait