Jenis-Jenis Teladan Ragam Hias

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Pola ragam hias adalah hasil susunan  dari hukum tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu. Bentuk ragam hias umumnya memiliki contoh atau susunan yang diulang-ulang. Pada bentuk ragam hias yang lain, contoh yang ditampilkan mampu berupa teladan ragam hias yang teratur, terukur, dan memiliki keseimbangan.

Pola ragam hias geometris contohnya dapat ditandai dari bentuknya seperti persegi empat, zig-zag, garis silang, segitiga, dan bundar. Pola bidang tersebut merupakan contoh geometris yang bentuknya teratur. Bentuk lain dari contoh geometris ialah dengan mengubah susunan acuan ragam hias menjadi acuan ragam hias tidak beraturan dan tetap memperhatikan segi keindahan. Beberapa teladan teladan ragam hias antara lain sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

A. Pola simetris.

Pola yang terbentuk dari susunan motif-motif ragam hias yang memiliki keseimbangan dan bentuk yang sama dalam suatu susunannya. ola simetri menggambarkan dua bagian yang sama dalam sebuah susunan. Pola simetri meletakkan fokusnya di tengah.

Penempatan demikian menawarkan kesan bagian kiri dan bab akanan sama besar lengan berkuasa. Komposisi berpola simetri memberikan kesan formal, beraturan dan statis.

B. Pola asimetris.

Pola yang terbentuk dari komposisi yang tidak berimbang, namun masih terlihat proposi, komposisi, dan kesatuan yang harmoni. Pola asimetri meletakkan fokusnya tidak di tengah-tengah, dan paduan unsur-unsur di bab kiri tidak sama dengan yang di bagian kanan, tetapi tetap memancarkan keseimbangan.

Kompisisi asimetri memberikan kesan keteraturan yang bervariasi dan alhasil tidak formal serta lebih dinamis.

Pola ragam hias adalah hasil susunan  dari aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tert Jenis-jenis Pola Ragam Hias

C. Pola ragam hias tepi.

Pola yang bentuknya berupa pengulangan dari bentuk sebelumnya dan dipakai untuk bab tepi pada bahan tertentu.

Pola ragam hias adalah hasil susunan  dari aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tert Jenis-jenis Pola Ragam Hias

D. Pola ragam hias menyudut.

Pola yang menyudut membentuk segitiga dan umumnya memiliki bentuk ragam hias yang diubahsuaikan dengan bentuk ragam hias yang sudah ada.

E. Pola ragam hias menyusut.

Pola yang memusat bentuk coraknya berdiri sendiri. Pola ragam hias ini adonan dari beberapa ragam hias dan membentuk ragam hias gres.

G. Pola ragam hias beraturan

Pola ragam hias beraturan yakni pola ragam hias yang susunan polanya merupakan pengulangan dari bentuk sebelumnya dengan ukuran yang sama

Pola ragam hias adalah hasil susunan  dari aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tert Jenis-jenis Pola Ragam Hias

H. Pola ragam hias tidak beraturan

Pola ragam hias tidak beraturan. Pola ragam hias tidak beraturan merupakan sebaran dari beberapa motif yang berbeda dan tidak mengikuti pola proporsi dan komposisi yang seimbang.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait