Jenis Usaha Dengan Mengolah Sumber Daya Alam

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melaksanakan aneka macam perjuangan. Berbagai kegiatan dan jenis perjuangan yang dilakukan menghasilkan barang dan jasa. Salah satu jenis usaha di masyarakat yaitu mengolah sumber daya alam dari lingkungan.

Kita mengenal banyak sekali bentuk kegiatan manusia dalam mengolah sumber daya alam untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jenis usaha bidang produksi yang bergerak dalam pengolahan sumber daya alam (binatang dan tanaman) disebut perjuangan agraris. Jenis usaha yang termasuk bidang agraris (pertanian dalam arti luas) antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan, dan perikanan.

Bacaan Lainnya

Umumnya, usaha persawahan dan perkebunan dilakukan di tempat perdesaan sebab tanahnya masih luas. Namun, sekarang kita mampu melaksanakan usaha penanaman pada lahan sempit, misalnya dengan cara hidroponik (penanaman dengan media air) atau vertikultur (cara bercocok tanam dengan menempatkan media tanam dalam wadah yang disusun secara vertikal).

Tanah pertanian ditanami sayur-mayur, buah-buahan, dan palawija. Lahan pertanian juga dimanfaatkan untuk perkebunan. Tanaman perkebunan di antaranya cengkih, teh, karet, cokelat, tembakau, kopi, dan kelapa sawit.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat melakukan berbagai usaha Jenis Usaha dengan Mengolah Sumber Daya Alam

Usaha di bidang peternakan membutuhkan lahan yang luas. Hewan-hewan yang diternakkan antara lain sapi, kambing, domba, itik, dan ayam. Selain itu, ada juga peternakan ulat sutra. Kepompong ulat sutra dapat menghasilkan serat materi baku kain sutra.

Kegiatan pertanian lainnya adalah perikanan. Usaha di bidang perikanan dapat dilakukan di daerah pantai atau bendungan/waduk. Akan tetapi, ada juga usaha perikanan yang memanfaatkan kolam-kolam di lahan persawahan

Ada pula jenis usaha lain yang memanfaatkan secara pribadi sumber daya alam. Jenis perjuangan ini disebut bidang usaha ekstraktif. Dalam bidang usaha ekstraktif, kita hanya mengambil sumber daya alam tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bidang perjuangan ekstraktif yaitu berburu, pertambangan, dan penebangan hutan.

Ayo Mengamati

Amatilah aktivitas penduduk sekitarmu yang memanfaatkan sumber daya alam. Lakukan bersama kelompokmu. Buatlah laporan dengan teladan berikut. hutan.

No. Jenis Usaha SDA yang dipakai Hasil Usaha Manfaat
1. Kebun sayur Tanah pekarangan Bayam, tomat, kacang panjang Bahan pangan keluarga dan
untuk dijual
2. Berternak Hewan Daging dan Susu Bahan pangan dan untuk dijual
3. Tambak udang Hewan Udang Bahan pangan dan untuk dijual
4. Petani sawah Lahan sawah Gabah dan beras Bahan makanan pokok dan untuk dijual
5. Menebang hutan Hutan Berbagai jenis kayu Sebagai materi bangunan dan meubelair

Ayo Bercerita

Ceritakan pengamatan kalian di depan kelompok-kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru. Bandingkan dengan hasil pengamatan kelompok lain.

Ternyata aneka macam keragaman sosial di lingkunganku dari jenis-jenis perjuangan masyarakatnya. Ada yang mennam sayur di tanah pekarangan yang risikonya untuk dimakan dan juga mampu di jual. Di sekitar lingkunganku juga ada yang memelihara hewan ternak untuk diambil daging dan susunya. Ada juga warga yang menciptakan tambak udang yang alhasil bisa dikonsumsi atau juga bisa dijual. Ada juga yang menanam padi di sawah. Mereka menghasilkan beras yang jadi kuliner pokok masyarakat sekitar. Selain itu ada juga yang menebang hutan untuk diambil kayunya sebagai bahan bangunan. Keragaman sosial di lingkunganku semakin menciptakan masyarakt semakin menghargai perbedaan yang ada.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait