Membuat Sketsa Sederhana Tentang Siklus Air

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari-hari. Kegunaan air antara lain untuk keperluan rumah tangga, pertanian, industri, dan untuk pembangkit listrik. Begitu besarnya kebutuhan insan akan air. Kita bersyukur, air senantiasa tersedia di bumi. Oleh alasannya itu, manusia seharusnya senantiasa bersyukur kepada Tuhan pencipta alam.

Siklus air atau siklus hidrologi yakni sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali ke atmosfer melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi. Pemanasan air laut oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi tersebut dapat berjalan secara terus menerus. Air berevaporasi, lalu jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan es dan salju (sleet), hujan gerimis atau kabut.

Bacaan Lainnya

Siklus air mampu dikelompokkan menjadi tiga kelompok adalah siklus pendek, sedang, dan siklus panjang. Macam-macam dan tahapan proses siklus air antara lain sebagai berikut :

1. Siklus Pendek / Siklus Kecil

1Air laut menguap menjadi uap gas sebab panas matahari→ Terjadi kondensasi dan pembentukan awan→ Turun hujan di permukaan laut

2. Siklus Sedang

Air bahari menguap menjadi uap gas karena panas matahari→Terjadi evaporasi→Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat→Pembentukan awan→Turun hujan di permukaan daratan→Air mengalir di sungai menuju laut kembali

3. Siklus Panjang / Siklus Besar

Air laut menguap menjadi uap gas alasannya adalah panas matahari→Uap air mengalami sublimasi→Pembentukan awan yang mengandung kristal es→Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat→Pembentukan awan→Turun salju→Pembentukan gletser→Gletser mencair membentuk pemikiran sungai→Air mengalir di sungai menuju darat dan lalu ke bahari.

Untuk lebih mendalami pemahaman tentang siklus air bacalah bacaan di bawah ini

Siklus Air

Mengapa air selalu tersedia di bumi? Air selalu tersedia di bumi alasannya air mengalami siklus. Siklus air merupakan sirkulasi (perputaran) air secara terusmenerus dari bumi ke atmosfer, lalu kembali ke bumi. Siklus air ini terjadi melalui proses penguapan, pengendapan, dan pengembunan. Perhatikan skema proses siklus air berikut ini!

Air di bahari, sungai, dan danau menguap akhir panas dari sinar matahari. Proses penguapan ini disebut evaporasi. Tumbuhan juga mengeluarkan uap air ke udara. Uap air dari permukaan bumi naik dan berkumpul di udara. Lama-kelamaan, udara tidak dapat lagi menampung uap air (jenuh). Proses ini disebut presipitasi (pengendapan). Ketika suhu udara turun, uap air akan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air ini membentuk awan. Proses ini disebut kondensasi (pengembunan).

Titik-titik air di awan selanjutnya akan turun menjadi hujan. Air hujan akan turun di darat maupun di maritim. Air hujan itu akan jatuh ke tanah atau perairan. Air hujan yang jatuh di tanah akan meresap menjadi air tanah. Selanjutnya, air tanah akan keluar melalui sumur.

Air tanah juga akan merembes ke danau atau sungai. Air hujan yang jatuh ke perairan, contohnya sungai atau danau, akan menambah jumlah air di kawasan tersebut. Selanjutnya air sungai akan mengalir ke laut. Namun, sebagian air di sungai mampu menguap kembali. Air sungai yang menguap membentuk awan bersama dengan uap dari air maritim dan flora. Proses siklus air pun terulang lagi.

Dari proses siklus air itu dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya jumlah air di bumi secara keseluruhan cenderung tetap. Hanya wujud dan tempatnya yang berubah.

Ayo Mencoba

Kamu telah membaca teks “Siklus air”. Bersama kelompokmu, gambarlah denah sederhana karyamu sendiri untuk menjelaskan siklus air. Tambahkan kalimat-kalimat untuk menjelaskan proses siklus air. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelompok lain dan Bapak/Ibu Guru.

Manusia selalu membutuhkan air dalam kehidupan sehari Membuat Bagan Sederhana Tentang Siklus Air

Air sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup di bumi. Semua makhluk hidup membutuhkan air. Banyak cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan air. Air sangat dibutuhkan oleh insan Fungsi air bagi manusia antara lain digunakan untuk Minum, Memasak, Membersihkan tubuh, Mencuci materi makanan dan pakaian.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait