Menulis Surat Langsung Dan Dinas Bentuk Kertas Atau Email

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Penting diperhatikan dalam pemilihan bahasa dipakai saat menulis sesuai dengan tujuan surat. Ragam bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia baku, bahasa Indonesia ragam informal, atau ragam bahasa khusus (bahasa gaul) yang hanya dipakai kepada sobat erat yang berusia sebaya.

Ragam bahasa Indonesia baku biasanya dipakai untuk tujuan yang bersifat serius, seperti turut berduka cita atau bersimpati atas petaka yang diderita seseorang, dan/atau surat yang ditujukan kepada orang yang lebih renta. Perhatikan model yang diberikan dan teladan-teladan penggunaan bahasa untuk berbagai tujuan.

Bacaan Lainnya

A. Menulis Surat Pribadi

Surat eksklusif yakni jenis tulisan yang berisi keperluan langsung antara satu orang dengan orang yang lain. Surat pribadi memiliki beberapa bab, yakni tanggal surat, salam pembuka, isi, epilog, dan nama pengirim surat beserta tanda tangan.

No. Bagian Surat Pribadi Contoh Penerapan dalam Surat Pribadi
1. Alamat dan tanggal surat
  1. Informasi ini terletak pada bab kanan atas surat (dianjurkan untuk mencantumkan alamat pengirim);
  2. Jika alamat surat tidak dituliskan, tuliskan kota dan tanggal surat: Bandung, 18 Januari 2015
2. Salam pembuka Salam kangen
Salam hormat!
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!
3. Kalimat pembuka paragraf pertama Halo, apa kabar?
Saya tulis surat ini ….
4. Isi surat Bagaimana kalau ketika aku disana, kita bermain ke Dufan?
5. Penutup surat Sekian dulu surat aku ….
6. Salam tamat Sahabatmu,
Teman yang selalu merindukanmu,
7. Nama dan tanda tangan
8. Pengirim Penerima :Usia:, lebih muda, sebaya,, dan lebih renta
Jenis Kelamin: pria, dan wanita
Hubungan: Akrab, Tidak bersahabat dan Baru kenal
9. Tujuan
  1. mengundang
  2. mengajukan permohonan (berupa barang atau berita) atau meminta info
  3. menjawab undangan: menerima atau menolak
  4. merencanakan sesuatu dengan orang lain
  5. memohon maaf
  6. mengucapkan selamat atas hal baik yang terjadi pada seseorang
  7. menulis surat simpati atas bencana alam yang menimpa seseorang
  8. mengucapkan terima kasih
  9. mengabarkan atau memberi gosip

B. Surat Kepada Teman

Bandung, 27 Maret 2017
Sahabatku
Rina Aminarti
Di Cikarang

Salam persahabatan,

Hai, Min apa kabar? Bagaimana keadaanmu? Sehat dan senang bukan? Apakah kau masih menanam bunga mawar? Aku ingin sekali bertemu kau lho Rin? Kamu niscaya tambah manis, ya? Atau mungkin tambah gemuk?

Rina, sahabatku yang baik. Beberapa hari yang kemudian aku sangat terkejut dan sekaligus gembira alasannya adalah mendapat hadiah ulang tahun dari saudara sepupuku yang tinggal di Belanda. Hadiah tersebut berupa boneka Teddy Bear yang orisinil buatan  negeri Belanda. Aku ingin sekali menawarkan boneka tersebut dikala nanti kau bermain ke rumahku pada ketika liburan. Kamu jadi liburan ke rumahku kan Min?

Min, sekian dulu, ya! Jangan lupa balaslah segera surattku. Kutunggu kabarmu! Sampaikan salamku untuk Ibu dan Bapak. Terima kasih Min … sampai jumpa dalam liburan yang akan tiba.

Sampai jumpa.

Sahabatmu,

Marina Pertiwi

C. Surat Kepada Teman Guru

Jakarta, 28 Maret 2017
Untuk Kak Imron
Di Canberra

Assalamualaikum wr.wb.

Semoga kakak dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan-Nya. Begini kak, berdasarkan informasi yang saya peroleh dari Bu Yani guru IPS kelas VII SMP Negeri 12 Jakarta, abang merupakan sahabat Bu Yani. Maaf sebelumnya jika surat yang aku tulis ini tidak berkenan di hati kakak.

Melalui surat ini aku ingin berkenalan dengan kakak, itupun jika abang berkenan. Jika abang berkenan ini nomor hp-ku : 081327444333 dan kalau ingin berkirim info mampu menggunakan e-mail ini e-mailku: sriyanti_viia@gmail.com. Kemudian saya juga ingin menanyakan wacana informasi mengenai pendidikan di kawasan abang. Saya sangat membutuhkan info tersebut karena saya juga ingin kuliah di luar negeri mirip kakak.

Saya sangat berharap mendapat informasi yang saya butuhkan dari kakak. Sekali lagi aku mohon maaf bila ada goresan pena atau kata-kata yang kurang sempurna.

Wassalamualaikum wr. wb.

Siswi Kelas VII A
Sriyanti.

D. Selamat Ulang Tahun Ibu

Jakarta, 27 Maret 2017
Mamaku Tersayang
Di Purwokerto

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Ma, apa kabar? Semoga doa anakmu selalu dikabulkan oleh Allah semoga ibu selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Anakmu disini baik-baik saja. Aku sangat merindukan ibu dan insyaallah lebaran tahun ini aku mampu pulang sebab aku mampu menerima cuti dari kantorku.

Selamat ulang tahun mamaku tercinta. Maaf ya ma alasannya aku gak mampu disamping mama ketika ulang tahun mama. Tapi disini saya akan mendoakan yang terbaik untuk mama, I Love You. Di hari jadi mama kali ini saya berharap mama diberikan kemudahan dalam mejalankan segala urusan dan diberikan umur panjang serta kesehatan semoga saya bisa lebih lama bersama mama. Walaupun aku hanya mampu memperlihatkan ucapan dan doa singkat, saya berharap ini mampu membuat mama bahagia. Selamat ulang tahun mama.

Hanya itu yang dapat saya tulis ma.

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Anakmu
Anton Subagyo

Penting diperhatikan dalam pemilihan bahasa digunakan ketika menulis sesuai dengan tujuan Menulis Surat Pribadi dan Dinas Bentuk Kertas atau Email

D. Menulis Surat Izin

Kamu menjadi pemenang pertama dalam lomba mengarang yang diadakan oleh Kemendikbud. Untuk menghadiri program penyerahan hadiah (di Jakarta) kau perlu minta izin tidak masuk sekolah. Buatlah surat permohonan izin kepada Kepala Sekolah untuk tidak mampu mengikuti beberapa mata pelajaran (mungkin dalam beberapa hari, bila kau tidak tinggal di Jakarta)!

Surat Ijin

Kebayoran Baru, 27 Maret 2017
Kepada :
Yth. Bapak Kepala Sekolah Menegah Pertama Negeri 12 Jakarta
Di Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil pengumuman dari Panitia Lomba Mengarang Tingkat Nasional Tahun 2017 pada tanggal 2 Maret 2017, saya dinyatakan sebagai pemenang pertama lomba tersebut dan diundang untuk menghadiri program penyerahan hadiah. Melalui surat ini, aku :

Nama : Ilhamudin Armain
NISN : 005234565
Kelas  : VII A

Mohon ijin untuk tidak mengikuti pembelajaran selama satu hari alasannya mengikuti acara tersebut. Acara akan dilaksanakan di Gedung Kemendikbud pada hari Selasa tanggal 4 April 2017 dari pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Demikian surat permohonan ijin ini aku ejekan. Atas perhatian dan ijin yang Bapak berikan, aku ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr. wb.

Hormat aku,

Ailhamudin Armain

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait