Pentingnya Hidup Rukun Dalam Kehidupan Bermasyarakat.

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke. Bentang alam ini merupakan salah satu alasan Indonesia kaya akan keragaman budaya.

Keragaman budaya di antaranya berupa upacara budbahasa, rumah adat, tari-tarian, dan aneka macam lagu tempat. Hampir setiap daerah mempunyai kebudayaan masing-masing. Banyaknya perbedaan kebudayaan dalam suku bangsa mampu menjadi sumber terjadinya konflik antara suku-suku bangsa dan golongan.

Bacaan Lainnya

Namun, keberagaman suku bangsa dan budaya tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Terbukti bangsa Indonesia tetap rukun dan bersatu.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan bangsa kita yang mengungkapkan persatuan dan kesatuan yang berasal dari keanekaragaman. Bhinneka Tunggal Ika artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Walaupun kita terdiri atas banyak sekali suku yang beraneka ragam budaya tempat, namun kita tetap satu bangsa Indonesia. Kita mempunyai bahasa dan tanah air yang sama, yakni bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Bendera kebangsaan kita merah putih sebagai lambang identitas bangsa. Kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

Ayo Mengamati

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke Pentingnya Hidup Rukun Dalam Kehidupan Bermasyarakat.

Apa menurutmu kerukunan itu? Apakah gambar di atas mencerminkan kerukunan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar di atas pada kolom berikut.

Gambar memberikan orang-orang mengenakan pakaian budbahasa dari berbagai kawasan. Mereka bergandengan tangan. Mereka memberikan raut wajah senang dan ramah. Mereka saling menghargai keragaman. Jadi, gambar tersebut mencerminkan kerukunan.

Hidup rukun harus dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Hidup rukun akan membuat persatuan dan kesatuan bangsa semakin besar lengan berkuasa. Agama dan suku setiap anggota masyarakat tentu berbeda.

Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun, saling membantu dan menolong. Contoh hidup rukun di masyarakat, misalnya, bekerja sama dalam kebersihan dan keamanan lingkungan. Hidup menjadi lebih baik dan nyaman jika hidup dengan rukun.

Ayo Berlatih

Apa wujud perilakumu untuk hidup rukun sebagai warga masyarakat? Tuliskan dalam kolom berikut.

Hidup rukun di dalam masyarakat mampu dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Bekerja bakti membersihkan lingkungan.
  2. Membantu tetangga yang mengadakan hajatan.
  3. Menyapa tetangga dikala berpapasan di jalan.
  4. Menghargai tetangga yang berbeda agama.

Ayo Mengamati

Hidup rukun juga harus diwujudkan antarumat beragama. Di Indonesia ada enam agama, ialah Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Banyak imbauan dan seruan dari pemerintah untuk hidup rukun dan damai antarumat beragama. Perhatikan gambar berikut.

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke Pentingnya Hidup Rukun Dalam Kehidupan Bermasyarakat.

Apakah gambar di atas merupakan bentuk suatu iklan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut.

Gambar di atas merupakan gambar iklan. Iklan tersebut berisi pengumuman lomba. Tujuan iklan tersebut untuk menarik perhatian masyarakat supaya mau mengikuti lomba.

2. Carilah iklan pada media cetak. Kemudian, tempelkan pada kolom berikut.

Wilayah Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke Pentingnya Hidup Rukun Dalam Kehidupan Bermasyarakat.

3. Apa isi iklan dari media cetak yang kamu tempel di atas? Tuliskan pada kolom berikut.
Iklan pada gambar di atas menandakan berbagai model sepeda motor dengan merk Honda.

Iklan yaitu pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak umum. Iklan media cetak ialah iklan yang dipublikasikan memakai media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait