Percobaan Perubahan Wujud Benda Menyublim

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari. Perubahan wujud benda merupakan satu perubahan alami alasannya fenomena alam yang terjadi di sekeliling kita.

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita. Salah satu perubahan wujud yang mungkin tidak kamu sadari yakni penyubliman. Pernahkah kau mengamati kapur barus yang diletakkan ibu di dalam lemari untuk melindungi pakaian dari ngengat?

Bacaan Lainnya

Kapur barus di lemari pakaianmu dalam beberapa hari akan mengecil dan menghilang dari lemari pakaianmu. Apakah yang bergotong-royong terjadi? Mengapa kapur barus itu seperti menghilang dari lemari?

Kapur barus merupakan benda padat, yang dalam waktu tertentu berubah wujud menjadi gas. Kapur barus mengalami penyubliman. Menyublim yakni kejadian berubahnya wujud benda dari padat ke gas. Dapatkah kau menemukan acuan penyubliman lain di dalam kehidupan sehari-hari? Untuk memperlihatkan proses penyubliman, lakukan percobaan berikut.

PERCOBAAN

Mengamati perubahan wujud benda

Alat dan Bahan

  1. 4 buah watu bata untuk menciptakan tungku sederhana
  2. 1 buah lilin
  3. 1 buah kaleng bekas susu
  4. 5 butir kapur barus ukuran kecil
  5. 1/5 bab kaleng pasir kering
  6. Piring aluminium
  7. Es watu

Cara Kerja

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari Percobaan Perubahan Wujud Benda Menyublim
  1. Tumpuk watu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.
  2. Letakkan lilin di tengah tungku, kemudian nyalakan lilin.
  3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, kemudian masukkan kapur barus.
  4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.
  5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, kemudian letakkan beberapa butir es batu.
  6. Diamkan selama sepuluh menit.

Pengamatan

Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus sesudah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring.

Setelah 10 menit piring besi dibuka, tuang es batu kedalam gelas. Lihat apa yang terjadi pada dasar piring. Terdapat kristas-kristal didasar piring yang digunakan untuk menutup kaleng. Didalam kaleng hanya terdapat pasir saja, kapur barus yang tadi diletakkan diatas pasir menghilang. Pada dinding-dinding kaleng juga terdapat kristal-kristan yang berbau kapur barus.

Kaprikornus kapur barus yang tadi dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada dikala gas menyentuh piring yang cuek gas menjelma Kristal-kristal didasar piring dan dinding kaleng.

Dari percobaan diatas kita juga mampu menemukan dasar kaleng mengalami penggelapan warna alasannya adanya angus. Angus tersebut termasuk hasil dari perubahan wujud benda gas menjadi padat atau mengkristal.

Selain itu piring yang diberikan es diatasnya di sekeliling dasatnya terdapat embun-embun yang berasal dari gas yang menyentuh dasar piring sehingga menjadi embun kejadian itu disebut mengembun yakni perubahan wujud benda gas menjadi cair.

Setelah melaksanakan pengamatan pada acara di atas, dapatkah kau menjelaskan kesimpulanmu?

Kesimpulanku:

Pada percobaan di atas menawarkan salah satu teladan kejadian menyublim adalah perubahan wujud dari padat menjadi gas. Kapur barus yang tadi dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada saat gas menyentuh piring yang cuek gas menjelma Kristal-kristal didasar piring dan dinding kaleng.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait