Perjuangan Ekonomi Yang Dikelola Sendiri Dan Kelompok

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Kegiatan ekonomi ialah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam kehidupan sehari-hari tak seorang pun mampu menciptakan semua barang yang dibutuhkannya.

Oleh alasannya adalah itu ada kolaborasi antara orang yang satu dengan orang lainnya. Kerja sama itu saling melengkapi. Ada orang yang bekerja sebagai petani yang memproduksi bahan pangan. Ada yang menciptakan pakaian untuk dijual dan diperdagangkan, dan seterusnya.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pengelolanya, perjuangan ekonomi mampu dibedakan menjadi dua. Pertama, usaha ekonomi yang dikelola sendiri. Kedua yaitu perjuangan ekonomi yang dikelola kelompok. Berikut pola perjuangan-perjuangan ekonomi yang dikelola sendiri dan kelompok.

1. Usaha Ekonomi yang dikelola sendiri

Usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perseorangan biasanya modalnya terbatas. Contoh usaha ekonomi yang dikelola sendiri atau perorangan sebagai berikut.

a. Usaha pertanian

Seorang petani kebanyakan mengelola usaha pertanian secara perseorangan dengan modal terbatas. Meskipun demikian, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran. Namun, hanya beberapa orang saja yang mampu melakukannya.

b. Industri kecil

Industri kecil biasanya berupa industri rumah tangga. Industri kecil biasanya dikelola secara perseorangan. Contoh industri kecil mirip usaha kerajinan (mebel meja, bangku, dan lemari), industri keramik,kerajinan anyaman, dan tembikar.

c. Usaha perdagangan

Usaha perdagangan yang dikelola secara perseorangan biasanya perdagangan dalam jumlah kecil sampai menengah. Contohnya usaha membuka toko kecil mirip toko kelontong milik ibu Udin. Contoh lainnya seperti membuka warung, penjaja keliling, pedagang kaki lima, pedagang di lapak-lapak pasar, dan pedagang hasil bumi.

d. Usaha jasa

Banyak perjuangan jasa yang dikelola secara perorangan. Contoh usaha jasa yang dikelola perorangan antara lain usaha salon, bengkel, foto kopi, tukang cukur, dan tukang pijit.

Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuha Usaha Ekonomi yang Dikelola Sendiri dan Kelompok

2. Usaha ekonomi yang dikelola kelompok

Usaha ekonomi yang dikelola secara berkelompok yakni perjuangan yang dijalankan secara gotong royong, baik dalam hal modal, pengelolaan, maupun dalam hal bagi hasil. Contoh perjuangan ekonomi yang dikelola secara tolong-menolong, antara lain firma, CV, PT, BUMN, Perusahaan Daerah, dan Koperasi.

a. Firma

Firma ialah perusahaan yang didirikan oleh sedikitnya dua orang. Biasanya pendiri firma yaitu orang-orang yang sudah saling kenal. Setiap anggota firma memiliki hak untuk bertindak atas nama firma. Risiko tindakan anggota firma ditanggung bersama.

b. CV (Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer)

CV adalah perusahaan yang didirikan oleh satu orang pengusaha atau lebih. Modal CV berasal dari pengusaha itu dan dari beberapa penanam modal. Pengusaha menjadi pimpinan perusahaan dan bertanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan. Para penanam modal mempercayakan pengelolaan CV kepada pengusaha. Sebuah perusahaan yang berbentuk CV bisa dikembangkan dari firma. Hal ini terjadi jikalau sebuah firma ingin berbagi usaha dan membutuhkan pelengkap modal.

c. PT (Perseroan Terbatas)

PT yakni perusahaan yang modalnya diperoleh dari penjualan saham. Saham ialah surat berharga sebagai tanda keikutsertaan menanamkan modal dalam perusahaan.

d. BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

BUMN atau Perusahaan Negara adalah perusahaan yang seluruh modalnya dimiliki oleh negara. Ada tiga bentuk perusahaan negara, ialah Perusahaan Jawatan (Perjan), Perusahaan Umum (Perum), dan Perusahaan Perseroan (Persero).

e. Perusahaan Daerah

Perusahaan daerah adalah perusahaan yang modalnya dimiliki oleh Pemda. Tujuan pendirian perusahaan kawasan antara lain turut melakukan pembangunan ekonomi tempat dan pembangunan ekonomi nasional. Selain itu, perusahaan tempat juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan menyediakan lapangan kerja dalam rangka menuju masyarakat adil dan makmur.

3. Koperasi

Koperasi yakni perjuangan bersama dalam bidang ekonomi. Kerja sama dalam koperasi menurut prinsip saling membutuhkan dan kesamaan kebutuhan anggotanya. Di Indonesia ada lima bentuk koperasi, yaitu Koperasi Konsumsi, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Produksi, Koperasi Jasa, dan Koperasi Serba Usaha.

Ayo Berdiskusi

Banyak orang melaksanakan usaha di bidang ekonomi untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Apa yang akan terjadi bila orang malas tidak mau berusaha? Coba diskusikan bersama teman kelompokmu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Laporan Hasil Diskusi

Akibat malas berusaha antara lain sebagai berikut.

  1. Tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup
  2. Orang yang malas dan tak bersemangat akan gagal dalam pekerjaannya.
  3. Bagi orang yang bekerja di kantor mungkin saja dipecat dari kantor dan kesudahannya menganggur

Ayo Berkreasi

Kamu telah memahami beragam bentuk usaha menurut pengelolanya. Ada usaha yang dikelola sendiri dan ada usaha yang dikelola kelompok. Sekarang buatlah kliping berkelompok wacana jenis-jenis perjuangan yang dikelola sendiri dan perjuangan yang dikelola kelompok dengan langkah-langkah berikut.

  1. Cari info wacana jenis-jenis perjuangan perseorangan dan kelompok, baik isu bergambar maupun tidak bergambar dari aneka macam media cetak.
  2. Gunting isu yang kamu peroleh. Gunting pula sumbernya.
  3. Kumpulkan hasil guntinganmu dan tempelkan pada lembaran kertas folio.
  4. Pisahkan antara jenis-jenis usaha perseorangan dengan jenis-jenis usaha kelompok.
  5. Bendel per kelompok hingga menjadi sebuah kliping.
  6. Berilah judul kliping “Jenis-Jenis Usaha Perseorangan dan Kelompok”.
  7. Tulis nama-nama anggota kelompokmu.
  8. Kumpulkan kesannya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai.
  9. Berdasarkan kliping yang kamu buat bersama kelompokmu, isilah jenis pusaha perseorangan dan kelompok pada kolom berikut.
No. Jenis Usaha Perseorangan No. Jenis Usaha Kelompok
1. Petani Sayur 1. Koperasi Pegawai Negeri
2. Pedagang Keliling 2. PDAM
3. Laundry 3. PT. Sumber Alfaria Trijaya
4. Pengrajin Gula Merah 4.. Perum DAMRI

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait