Sistem Pernapasan Pada Manusia

  • Whatsapp

Bernapas” tentunya kita sering mendengar istilah itu. Selain itu kita sebagai makhluk hidup butuh yang namanya bernapas. Sebab jika kita tidak bernapas kita tidak akan mampu hidup. Lalu tahukah kalian apa yang dismaksud dengan bernapas itu?

Bernapas yakni menghirup Oksigen (O2) dan menghembuskan karbon dioksida (CO2) dikala bernapas. Oksigen dibutuhkan untuk proses oksidasi masakan yang menghasilkan energi dan karbon dioksida. Energi berguna untuk menjalankan kegiatan hidup.

Bacaan Lainnya

Sistem Pernapasan pada Manusia
Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh. Udara mengandung oksigen. Oksigen dibutuhkan untuk menerima energi dari masakan. Energi itu menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada badan. Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan paru-paru (alveolus).

  1. Hidung. Udara masuk melalui lubang hidung ke dalam rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Selain disaring udara yang masuk dilembapkan oleh selaput hidung.
  2. Faring. Faring merupakan persimpangan antara susukan pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.
  3. Laring. Laring atau tekak (jakun) terdapat di bab belakang faring. Laring terdiri atas sembilan susunan tulang rawan berbentuk kotak.
  4. Trakea (batang tenggorokan), Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia yang akan bergerak dan mendorong keluar bubuk-debu dan kuman yang masuk.
  5. Bronkus. Bronkus merupakan percabangan dari trakea serta terdiri atas bronkus kiri dan bronkus kanan.
  6. Bronkiolus. Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus.
  7. Alveolus. Alveolus terdapat di dalam paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveolus dikelilingi kapiler-kapiler darah. Alveolus berbentuk mirip buah anggur.
 tentunya kita sering mendengar istilah itu Sistem Pernapasan pada Manusia

Udara masuk ke dalam badan melalui lubang hidung, kemudian masuk ke dalam batang tenggorokan. Batang tenggorokan yakni sebuah pipa mulai dari belakang hidung dan ekspresi, kemudian turun ke paru-paru. Dari batang tenggorokan udara masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru, oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus. Sebaliknya, gas karbon dioksida dari pembuluh darah masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang ketika kita mengembuskan napas.

Ayo Menulis
Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.

  1. Dari bacaan tersebut buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Tuliskan pertanyaan sebanyak-banyaknya.
  2. Dari pertanyaan tersebut, tuliskan jawabannya.
  3. Tuliskan pertanyaan dan jawabanmu dalam bentuk tabel mirip berikut.
No. Kata Tanya Pertanyaan Jawaban
1. Apa Apa saja organ pernapasan pada manusia? Organ pernapasan pada manusia ialah hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus
Apa zat yang diambil badan dikala kita bernapas? Zat yang diambil tubuh ketika kita bernapas adalah oksigen.
Apa fungsi rambut yang terdapat di rongga hidung? Rambut yang terdapat di rongga hidung berfungsi menangkap kotoran.
Apa jenis tulang yang menyusun organ laring? Jenis tulang yang menyusun organ laring adalah tulang Rawan.
Apa nama organ yang merupakan percabangan dari bronkus? Organ yang merupakan percabangan dari bronkus adalah bronkiolus.
2. Di mana Di mana udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam tubuh insan? Udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam badan manusia di rongga hidung
Di mana persimpangan antara terusan pernapasan pada bab depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang ? Persimpangan antara akses pernapasan pada bagian depan dan terusan pencernaan pada bab belakang terdapat di bagian faring.
Di mana letak Alvelous? Letak Alvelous terletak di dalam paru-paru .
Di mana terdapat jaringan yang disebut silia ? Jaringan yang disebut silia terdapat di dalam trakhea.
Di mana letak organ laring atau tekak ? Letak organ laring atau tekak di bab belakang faring.
3. Kapan Kapan udara pernapasan yang masuk ke dalam badan disaring? Udara pernapasan yang masuk ke dalam badan disaring ketika brada di rongga hidung.
Kapan udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan? Udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan ketika berada di selaput hidung.
Kapan abu-bubuk dan bakteri yang masuk didorong keluar? Debu-debu dan basil yang masuk didorong keluar saat melewati jaringan silia.
Kapan terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida? Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi pada dikala udara di dalam Alvelous.
Kapan oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus? Oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus saat berada dalam paru-paru.
4. Mengapa Mengapa insan bernapas? Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh.
Mengapa manusia membutuhkan energi dari kuliner? Energi dari makanan diharapkan menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada badan.
Mengapa di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal ? Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara.
Mengapa pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia? Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia untuk mendorong keluar abu-bubuk dan bakteri yang masuk
Mengapa olsigen dibutuhkan tubuh? Oksigen diperlukan untuk menerima energi dari makanan.
5. Bagaimana Bagaimana cara udara masuk ke dalam tubuh insan? Udara masuk ke dalam badan manusia melalui proses bernapas.
Bagaimana kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring? Kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring oleh rambut-rambut pendek dan tebal yang terdapat dalam rongga hidung.
Bagaimana proses pertukaran oksigen dan karbondioksida? Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida saat udara berada di Alveolus.
Bagaimana proses gas karbindioksida keluar dari badan? Gas karbindioksida keluar dari tubuh melalui pembuluh darah yang masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang ketika kita mengembuskan napas.
Bagaimana cara oksigen diserap ke dalam tubuh oleh paru-paru? Oksigen diserap ke dalam badan oleh paru-paru melalui pembuluh darah halus. 

4. Buatlah skema kerja organ pernapasan manusia. Tuliskan pada selembar kertas karton. Bagan ini akan kalian presentasikan pada Pembelajaran 5.

 tentunya kita sering mendengar istilah itu Sistem Pernapasan pada Manusia

Sistem pernapasan pada manusia ialah sistem menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama. Oksigen untuk pernapasan diperoleh dari udara di lingkungan sekitar. Alat-alat pernapasan berfungsi memasukkan udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbon dioksida dan uap air. Tujuan proses pernapasan yaitu untuk memperoleh energi.

Pos terkait