Teladan Lantai Gerak Tari

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Pada dikala menari, penari kadang bergerak ke kiri, ke kanan, maju, mundur, atau bergerak membentuk bulat. Jika digambarkan, seperti ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian.

Garis imajiner juga dapat digambarkan dengan melihat formasi para penari dalam memperagakan tarian. Para penari mampu membentuk deretan garis lurus, lengkung, segitiga, atau bulat. Bentuk formasi garis dapat berubah-ubah selama penari menampilkan sebuah tarian.

Bacaan Lainnya

Garis imajiner yang dilalui oleh penari dikala melaksanakan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibentuk oleh deretan penari kelompok.

Secara umum, teladan lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi banyak sekali contoh lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Penari dengan membentuk acuan lantai lurus pada tari Lengger di daerah Banyumas Jawa Tengah, Tari Piring dari Sumbar,  dan Tari Saman dari NAD.

Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang. Tari Kecak dari Bali merupakan salah satu jenis tari ritual dengan menggunakan pola lantai garis melengkung> Contoh lainnya ialah Tari Pendet dari Bali dan Tari Sekapur Sirih dari Bengkulu. Perhatikan gambargambar berikut.

olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian Pola Lantai Gerak Tari

Bentuk contoh lantai dari gerak yang dilalui penari

olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian Pola Lantai Gerak Tari

Tugas

Berdasarkan teks “Pola Lantai Gerak Tari” pada halaman 61-63, kerjakan peran berikut.

1. Tuliskan kembali pengertian teladan lantai memakai bahasamu sendiri. Usahakan supaya orang lain memahami dengan mudah dikala membaca tulisanmu. Gunakan kosakata baku.
Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok.

2. Gambarlah pola lantai yang terlihat dari gambar dua tarian pada teks tersebut.

olah ada satu garis imajiner yang dilalui penari selama menyajikan satu tarian Pola Lantai Gerak Tari

Ayo Berlatih

  1. Lihatlah sebuah video tari kreasi kawasan.
  2. Perhatikan gerakan dan contoh lantai penari dalam menyajikan tarian.
  3. Tirukan 5 gerakan dari tarian tersebut. Berlatihlah melaksanakan gerakangerakan tari tersebut hingga dapat meragakan dengan benar.
  4. Buatlah contoh lantai sesuai dengan gerakan yang dipelajari.

Gerak tari kawasan satu dengan daerah lain memiliki karakter berbeda-beda. Tari Bali berkarakter lincah dengan rangkaian gerak patah-patah. Sebaliknya, tarian kawasan Solo dan Yogyakarta cenderung berkarakter lembut dalam rangkaian gerak yang mengalir mirip pemikiran air yang hening.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait