Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer Demi Air Bersih

  • Whatsapp

KABARPANDEGLANG.COM – Perhatian dan peranan insan terhadap lingkungan semakin meningkat pada zaman teknologi maju. Manusia meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya. Di sisi yang lain hasil pemanfaatan sumber daya alam menjadikan penurunan kualitas lingkungan hidup.

Manusia selalu terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya daerah hidupnya dalam sebuah suatu hubungan timbal balik baik secara positif maupun negatif. Untuk lebih memahami hubungan antara manusia dan lingkungan, perhatikan gambar-gambar di bawah ini.

Bacaan Lainnya

Perhatian dan peranan manusia terhadap lingkungan semakin meningkat pada zaman teknologi m Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer Demi Air Bersih

  1. Fakta-fakta apa yang ditunjukkan gambargambar tersebut? Gambar atas menunjukkan lingkungan yang indah berupa areal persawahan yang subur. Gambar bawah memberikan anakanak usia Sekolah Dasar sedang menanam bibit flora.
  2. Apakah lingkungan berkhasiat bagi manusia? Mengapa? Lingkungan berguna bagi insan, alasannya adalah lingkungan menyediakan semua kebutuhan hidup manusia.
  3. Keuntungan apa yang diperoleh manusia jikalau menjaga lingkungan? Jika manusia menjaga lingkungan, semua kebutuhan hidup insan mampu tercukupi.
  4. Apa jadinya kalau manusia tidak menjaga lingkungan? Jika insan tidak menjaga lingkungan, lingkungan menjadi rusak dan tidak menunjukkan manfaat bahkan dapat menimbulkan kerugian dan bencana bagi manusia.
  5. Bagaimana kondisi lingkungan di sekitarmu? Lingkungan sekitarku terawat dengan baik.

Salah satu unsur penting dalam lingkungan ialah air. Air sangat dibutuhkan bagi kehidupan di bumi. Apa saja manfaat air?

Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer

Warga Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara sulit mencari air bersih. Mereka harus menempuh perjalanan hingga sejauh 15 kilometer dari tempat tinggalnya untuk menerima air bersih. Mereka terpaksa mengambil air higienis di Kelurahan Kaisabu Baru,

Kecamatan Sorawolio. Mereka biasanya menumpang kendaraan beroda empat dan membawa beberapa jeriken ukuran 15 liter. Jeriken itu digunakan untuk menampung air yang mengalir dari ajaran sebuah anak sungai di Kelurahan Kaisabu Baru.

Letak Kelurahan Waborobo berada di dataran tinggi. Di kawasan itu air tanah sulit didapat. Kalau pun ada, air hanya sedikit. Daerah itu juga belum mendapatkan susukan pedoman air bersih, sebab pipa-pipa PDAM belum mencapai ke daerah sana. Warga Kelurahan Waborobo sangat membutuhkan air dan sangat mengharapkan dukungan dari pemerintah tempat untuk keperluan tersebut.

Setelah membaca bacaan ”Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer”. Peristiwa apa yang terdapat pada bacaan? Carilah, lalu lengkapilah gambar peta pikiran berikut.

Perhatian dan peranan manusia terhadap lingkungan semakin meningkat pada zaman teknologi m Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer Demi Air Bersih

Demi Air Bersih, Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer

  1. Peristiwa apa yang terjadi? Warga di sebuah desa harus menempuh perjalanan jauh untuk memenuhi kebutuhan air higienis.
  2. Di mana kejadian itu terjadi? Peristiwa itu terjadi di Kelurahan Waborobo, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara
  3. Apa penyebab insiden itu terjadi? Peristiwa itu terjadi karena Kelurahan Waborobo terletak di  dataran tinggi. Di kawasan itu air tanah sulit didapat.

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan berbagai aktivitas di bumi. Apa fungsi penting air bagi insan dan kehidupan di bumi? Ayo, diskusikan.

Ayo Berdiskusi

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan berdiskusi bersama
kelompokmu (4-5 orang).
1. Apa fungsi air bagi manusia?
2. Apa fungsi air bagi hewan?
3. Apa fungsi air bagi tanaman?

Perhatian dan peranan manusia terhadap lingkungan semakin meningkat pada zaman teknologi m Warga Waborobo Rela Berjalan Sejauh 15 Kilometer Demi Air Bersih
  1. Fungsi air bagi flora Air dibutuhkan oleh flora dalam proses fotosintesis.
  2. Fungsi air bagi hewan : Minum, Membersihkan diri, Sebagai daerah hidup hewan air
  3. Fungsi air bagi manusia : Minum, Memasak, Membersihkan tubuh, Mencuci materi masakan dan pakaian

Diskusikan dengan orang tuamu, kegiatan-acara yang memakai air dalam keluarga. Kegiatan-kegiatan itu mampu ditulis berdasarkan urutan kejadian, misalnya dari bangun tidur sampai ketika akan tidur lagi. Kegiatan yang Membutuhkan Air dalam Keluargaku antara lain

  1. wudhu
  2. mandi dan menggosok gigi
  3. mencuci materi makanan
  4. memasak
  5. menyiram tanaman
  6. mencuci kendaraan beroda empat
  7. minum
  8. mencuci pakaian
  9. mencuci sepatu
  10. membersihkan kaca jendela
  11. membersihkan sangkar hewan peliharaan

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Pos terkait