6 Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru yang Efektif untuk Anda Lakukan

  • Whatsapp
19 / 100

6 Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru yang Efektif untuk Anda Lakukan – Paru paru merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang berperan dalam proses pernapasan. Kondisi paru manusia harus senantiasa dijaga supaya sehat dan terhindar dari gangguan penyakit. Terdapat beberapa gejala yang menjadi tanda gangguan kesehatan pada paru yang perlu Anda ketahui.

Gejala gangguan paru paru tersebut meliputi sesak napas, batuk yang tak kunjung mereda dan sembuh, serta ketidaknyamanan saat batuk. Bahkan pada gejala yang sudah cukup parah, tak jarang terjadi batuk bercampur darah maupun lendir. Untuk menghindari gangguan ini, tidak ada salahnya menjaga kesehatan paru. Hal ini bisa memaksimalkan kinerja organ dan fungsinya secara normal tanpa gangguan.

Cara Menjaga Kesehatan Paru Paru

Supaya kesehatan organ paru tetap terjaga, beberapa cara ini bisa Anda coba.

1. Rajin Berolahraga

Aktivitas olahraga dapat membuat paru paru menjadi lebih sehat, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, melakukannya secara rutin juga mampu meningkatkan kualitas sistem pernapasan. Namun ingat, lakukan olahraga secara bertahap agar paru lebih mampu dalam melakukan penyesuaian.

2. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Tahukah Anda jika kebiasaan merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk organ paru? Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada kantung udara kecil dan saluran udara yang ada di organ paru. Bahkan penyebab utama terjadinya kanker paru adalah akibat kebiasaan merokok.

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi, ternyata mampu menjaga kesehatan organ paru paru. Antioksidan memiliki fungsi dalam menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya, contohnya polusi, asa kendaraan, dan sebagainya. Konsumsilah beberapa bahan makanan seperti sayuran hijau, strawberry, serta kacang-kacangan.

4. Rajin Mencuci Tangan

Rajin mencuci tangan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru, serta menghindari gangguan yang disebabkan gaya hidup kurang bersih. Bisa saja tangan Anda tertempel kuman, bakteri, maupun virus yang bisa menyebabkan masalah pada organ paru. Oleh karena itu, jangan meremehkan aktivitas mencuci tangan untuk menjaga kesehatan Anda.

5. Menghindari Paparan Polutan

Polutan di udara dapat merusak paru paru seiring bertambahnya usia seseorang. Kondisi ini dikarenakan resistensi terhadap zat beracun menjadi berkurang. Sebagai solusi, Anda perlu menghindari paparan polutan di luar maupun dalam rumah. Untuk meminimalisir paparan polutan dan menjaga kesehatan organ paru, tips ini bisa Anda ikuti.

  • Ciptakan rumah bebas asap rokok
  • Membersihkan perabot secara rutin
  • Sering membuka jendela untuk memperbaiki sirkulasi udara
  • Menghindari penyegar udara sintetis dan lilin, serta lebih baik gunakan diffuser aromaterapi dan minyak esensial
  • Menjaga rumah sebersih mungkin dari jamur, debu, dan bulu hewan peliharaan yang berpotensi menyebabkan iritasi paru
  • Menggunakan produk pembersih alami
  • Memastikan ventilasi dan angin yang memadai
  • Menghindari asap rokok
  • Bernapaslah dengan lebih dalam
  • Bukalah pintu dan jendela saat menggunakan bahan kimia dalam ruangan

6. Memeriksakan Kesehatan secara Rutin

Jangan takut melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin tiap tahun, supaya mengetahui kesehatan paru Anda. Hal ini memungkinkan Anda mengetahui lebih dini gangguan yang terjadi.  Sehingga Anda pun dapat lebih cepat dan lebih mudah untuk mengatasinya. Dengan begini, Anda pun akan terhindar dari komplikasi yang mungkin terjadi pada paru.

Sebelum memeriksakan kesehatan secara rutin ke rumah sakit, Anda juga bisa baca-baca artikel seputar paru paru di website dan aplikasi halodoc. Di halodoc Anda juga bisa membuat janji dengan dokter yang bermitra dengan halodoc agar menghindari antrian saat di Rumah Sakit.

Cara menjaga kesehatan paru paru di atas cukup mudah dilalukan bukan? Melakukannya secara tepat dan rutin, tentu akan membuat kondisi paru jadi semakin sehat. Kinerjanya sebagai organ pernafasan juga akan lebih maksimal, serta terhindar dari gangguan penyakit yang mengintai. Maka dari itu, selalu jaga kesehatan paru Anda sedini mungkin!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *